Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kertas Bisa Jadi Bahan Baku Robot

[imagetag]

MASSACHUSETTS, KOMPAS.com - Banyak orang mungkin takkan membayangkan bahwa kertas bisa menjadi bahan baku robot. Namun, kenyatannya, kertas cukup aplikatif untuk digunakan. Dengan menggunakan prinsip origami, kertas bisa dipakai untuk membuat robot dengan biaya lebih murah.

George Whiteside dari Harvard University adalah pakar robotik yang mencobanya. Setelah membuat robot cumi dengan plastik, ia mencoba menggunakan material kertas untuk robot yang mampu membengkokkan, memutar dan bahkan mengangkat benda berat.

Material kertas punya keunggulan. Kertas fleksibel, tetapi tidak meregang seperti bahan plastik atau karet, sehingga cocok untuk struktur kaku. Contoh, dengan teknik lipat, kertas bisa dibuat sebagau saluran selebar 1 cm dengan berat hanya 8 gram.

Kertas juga bisa dilem satu sama lain sehingga bisa menciptakan struktur yang lebih besar. Misalnya struktur berbentuk U.

Desain yang sederhana bisa terus dikembangkan sehingga bisa menciptakan robot yang makin persis seperti manusia. Robot berbahan kertas suatu saat bisa dipakai untuk membantu dokter mengoperasi maupun memegang objek halus seperti telur dan buah.

xyzfaiz 14 Feb, 2012

Mr. X 14 Feb, 2012


-
Source: http://bloggermalaz.blogspot.com/2012/02/kertas-bisa-jadi-bahan-baku-robot.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Posting Komentar untuk "Kertas Bisa Jadi Bahan Baku Robot"